Bapak Ainul Chanafi S.Ab, M.Ab Saat memberikan Sambutan |
Digital Marketing merupakan salah
satu mata kuliah pada program studi Admnistrasi Bisnis yang akan di tempuh
secara umum pada semester 5. Secara umum, mata kuliah ini memilki indikator dan
tujuan untuk memberikan pengalaman belajar secara teori maupun praktek
pengembangan tentang bagaimana cara memasarkan sebuah produk dengan keadaan
zaman yang kian berkembang melalui digital.
Bertempat di Malang Creative
Center (MCC) pada 17 Januari 2024, dalam rangka penilaian Ujian Akhir Semester
berlangsung acara Yuk Nonton UAS Digital Marketing, Presentasi Hasil Team Based
Project. Acara dimotori oleh mahasiswa kelas D pada mata kuliah Digital
Marketing yang diampuh Oleh Ainul
Chanafi S. Ab, M. Ab. ini berlangsung dengan sangat meriah dan memberikan kesan
apik bagi para mahasiswa.
Pada pembelajaran yang sering
dilakukan dikediamannya, Ainul Chanafi S. Ab, M. Ab. selaku dosen pengampu mata
kuliah Digital Marketing memberikan edukasi melalui teori dan selanjutnya tugas
yang dilakukan dengan kelompok dan bertahap mengenai tahapan yang diproses
mengenai sebuah produk yang akan dipasarkan dan disiarkan melalui digital
selama satu semester. Sehingga acara ini bisa dikatakan sebagai puncak dalam
output keberhasilan pembelajaran selama satu semester.
“Acara ini dibuat selain
memberikan pembelajaran bagi mahasiswa. Tujuan lain yang bisa mahasiswa petik
ialah mahasiswa akan belajar cara berdigital marketing dengan benar dan
mengembangkan nilai nilai value yang perlu untuk dijadikan sebagai bekal kehidupan
setelahnya. Setelah itu, kelas yang dijadikan sebagai miniatur pembelajaran
seharusnya akan dipraktekkan dalam kehidupan yang nyata sehingga akan menjadi
keberkahan serta kemanfaatan untuk menebar banyak kebaikan” ujarnya Ainul
Chanafi S. Ab, M. Ab. dalam sebuah sambutannya.
Menariknya penilaian UAS mata
kuliah digital marketing dibuat berbeda dan meriah. Acara ini juga dikemas
berbagai hiburan hiburan bernilai edukasi yang membuat para mahasiswa
mendapatkan kesenangan dalam melakukan pembejaran namun tidak melupakan
tanggung jawab dan keseriusannya. Seperti penayangan after movie dan penampilan
lagu yang dibawakan oleh para mahasiswa serta ada beberapa doorprize
yang bisa mahasiswa dapatkan diacara tersebut.
Keberlangsungan acara inti
terlihat sangat menarik dan sengit. Para mahasiswa yang telah dibuat kelompok
membawakan produk serta cara yang digunakan dalam berdigital marketing untuk
maju dan mempersentasikannya. Sedangkan Ainul Chanafi S. Ab, M. Ab. yang
menjadi pengampuh mata kuliah digital dan Lalu Moh. Fikri Makki, S. Pi yang
saat ini menjabat sebagai HRM DK Corporation untuk menjadi juri yang akan
menilai hasil kelompok untuk menghasilkan output produk dan cara untuk
memasarkannya secara digital.
Foto ceria kelompok saat mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya |
Kelompok 1 sebagai juara 1 |
Setelah para kelompok telah
menyajikan persentasinya dengan sengit dan penuh keambisan, kelompok 1 yang
membawakan produk Pratama Catering keluar sebagai juara 1 dan mendapatkan
hadiah sebesar Rp. 300.000. “Kesan yang didapatkan dari rentetan mata kuliah
ini sangat menarik. Dikarenakan pembelajaran yang tidak melulu dikelas serta
praktik langsung memberikan pengalaman yang sangat menarik sehingga dapat
menambah keilmuan bagi para mahasiswa. Dan ketika mendapatkan informasi jika
tugas tersebut akan dilombakan di MCC nanti. Kami jelas menambah semangat dalam
menunjukan potensi kami dengan sungguh, kami siap tampil dan siap bersaing”
ujar Dilla yang merupakan mahasiswa yang menempuh mata kuliah tersebut.
*Muhammad Izzul Haq
0 Comments